PENDIDIKAN

Berikut Beberapa Makanan Khas Maluku

Heri Suprayogi
27 Agustus 2022, Agustus 27, 2022 WIB Last Updated 2022-08-26T22:49:23Z
masukkan script iklan disini



BERITAUMUM.COM - Makanan khas Maluku merupakan salah satu makanan Nusantara yang tak boleh dilewatkan. Makanan khas Maluku terkenal dengan rempah-rempahnya yang khas. Termasuk pala yang menjadi rempah-rempah melegenda di Tanah Maluku.

Makanan khas Maluku beraneka ragam. Salah satunya ialah papeda, olahan dari sagu yang menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Maluku. Ada juga makanan khas Maluku sambal colo-colo, perpaduan cabai pedas dan rempah lainnya yang menggugah selera. Jumat, (26/08/2022).

Tak hanya itu, gohu ikan menjadi makanan khas Maluku yang cukup populer. Sajian ikan laut mentah yang dilumuri dengan saus khusus, bak Sushi dari Jepang namun punya banyak rempah.

Berikut Beberapa Makanan Khas Maluku :

1. Gohu Ikan

Jika di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan. Gohu ikan merupakan makanan khas Maluku berbahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna jadi pilihan favoritnya.

Langkah untuk membuatnya terbilang mudah, dengan memotong daging ikan seperti dadu. Kemudian mencucinya, dan melumurinya dengan air lemon, dan garam. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bau amis yang ada pada daging ikan

Beberapa orang sering menambahkan daun kemangi sesuai selera. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat. Untuk menambah selera, biasanya ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap dinikmati.


2. Ikan Kuah Kuning

Makanan khas Maluku ini jadi favorit wisatawan. Olahan ikan ini biasanya disajikan bersama dengan papeda, makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua yang terbuat dari sagu. Selain papeda, ikan kuah kuning juga dapat disantap dengan nasi putih hangat.

Bahan dasar untuk membuat menu ikan kuning ialah ikan cakalang atau ikan tongkol yang mengandung banyak daging. Dimasak dengan kunyit, serai, jeruk nipis, dan rempah-rempah lainnya, ikan kuah kuning memiliki cita rasa sedikit asam dan segar.

Dan jika Anda hobi masakan pedas, bisa menambahkan cabai rawit di dalamnya.

Ikan kuah kuning merupakan salah satu menu tradisional andalan dari Maluku. Sesuai namanya, yaitu "kuah kuning", kuliner ini memiliki warna kuning yang menggugah selera. Warna ini dihasilkan dari bumbu kunyit.


3. Nasi Lapola

Nasi lapola adalah makanan khas Maluku yang lezat dan menjadi makanan pokok sebagian masyarakatnya. Bahan utama membuatnya adalah beras, parutan kelapa muda, dan kacang tolo. Makanan khas Maluku ini dapat disantap bersamaan dengan lauk lain seperti kohu-kohu (olahan ikan teri atau tongkol basah), dan lalapan mentah.

Memasak berasnya harus menggunakan api kecil, agar hasilnya lebih bagus. Beras dimasak hingga setengah matang, dan ditambahkan pula kelapa parut yang sudah diberikan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan jeruk nipis.

Sesudah itu, adonan nasi lapola dikukus sampai matang. Biasanya juga dinikmati dengan sambal colo-colo. Sambal khas Maluku dengan komposisi kecap, bawang merah, cabai rawit, dan tomat.


4. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas Maluku ikan kuah pala banda adalah kreasi menu makanan yang wajib dicoba. Sesuai namanya, kudapan ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku Tengah.

Di daerah ini sangat terkenal sebagai penghasil komoditi rempah-rempah berupa pala, yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Makanan khas Maluku ini menggunakan bahan dasar ikan kerapu atau ikan kakap. Berbagai bumbu digunakan,

seperti merica, pala, dan jenis rempah lainnya.

Rasanya asam berkolaborasi dengan rasa pedas. Dulunya, makanan ini adalah hidangan istimewa untuk para pejabat Belanda. Makanan khas Maluku yang lezat ini bisa disantap bersama nasi, ulang-ulang, dan sambal bakasang.


5. Ikan Bakar Dabu-Dabu

Ikan bakar dabu-dabu adalah makanan khas Maluku yang saat ini sangat populer di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam dan pedas, membuat orang jatuh cinta, bahkan sejak saat pertama kali menikmatinya.

Satu hal yang membuat ikan bakar ini sangat menggugah selera adalah karena siraman sambal dabu-dabunya. Sebenarnya, "dabu-dabu" sendiri berarti sambal. Jadi, dabu-dabu mentah artinya sambal mentah. Yang begitu terasa rempahnya.

Dabu-dabu biasanya disiramkan di atas ikan bakar. Rasa ikannya sendiri dibuat sangat original, tanpa mengoleskan banyak bumbu. Biasanya ikan hanya dibumbui dengan garam kasar dan perasan jeruk nipis.

Sumber : merdeka.com

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+