PENDIDIKAN

Cegah Stunting, BKKBN Provinsi Banten Gelar Orientasi Pendamping Keluarga di Desa Pasir Gadung

Admin
22 Agustus 2022, Agustus 22, 2022 WIB Last Updated 2022-08-22T10:34:10Z
masukkan script iklan disini

 


TANGERANG-Dalam rangka percepatan penurunan stunting, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membentuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Penurunan Stunting di setiap desa atau kelurahan di Indonesia. Tim ini bertugas untuk memonitor dan melaporkan kasus stunting di wilayah masing-masing.

Saat ini Untuk meningkatkan pengetahuan TPK, Senin, 22 Agustus 2022,  bertempat di Aula Desa Pasir gadung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang,  BKKBN melaksanakan Orientasi TPK. Kegiatan ini berlangsung dari pagi pukul 09.00 Wib hingga Selesai.

Fasilitator BKKBN Provinsi Banten, Rangga Walessa S.PSI., M.PD
Bertindak sebagai narasumber adalah TPK dari Provinsi Banten yaitu dari   BKKBN Provinsi Banten. Di dampingi Aang Kunaefi DPPKB Kabupaten Tangerang..

Rangga Walessa,  mengatakan TPK, Bidan desa, Kader PKK dan Kader KB ketika unsur inilah yang masuk ke Tim Pendamping Keluarga.

Lebih lanjut, Rangga mengatakan Program Keluarga Sehat Sejahtera bukan hanya bicara KB, Posyandu tapi Keluarga Sehat Sejahtera itu sesuai Tujuan Negara melakukan pendampingan dari Calon pengantin, Saat Menikah, Saat hamil, pasca Melahirkan, Saat Balita bahkan hingga Usia Lanjut,’ papar Rangga.

Fasilitator BKKBN Provinsi Banten, Rangga Walessa S.PSI., M.PD mengenalkan tentang Aplikasi Elsimil.

Rangga berpesan sebelum lebih lanjut, kita harus tahu sasaran TPK ini.
Untuk Tujuan Cegah STUNTING, silahkan Download Aplikasi ELSIMIL BKKBN,’ ujar nya.

“Aplikasi ELSIMIL merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk kesiapan menikah dan kehamilan.

Masyarakat dapat mengakses ELSIMIL melalui situs resmi di https://elsimil.bkkbn.go.id/login

Dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan fitur edukasi mengenai  kesehatan reproduksi, cegah kanker, kesiapan kehamilan, kesiapan pra nikah, dan kontrasepsi.

Peserta Orientasi TPK ini berasal dari Desa Pasir Gadung, Desa Pasir Jaya dan Desa Cibadak.

Pelaksanaan kegiatan orientasi tim pendamping keluarga (TPK) dalam rangka upaya untuk mengurangi angka Stunting di Wilayah Provinsi Banten, terutama di Wilayah Cikupa ini. Jadi sebelum mereka terjun di tempat masing-masing untuk melakukan pendampingan maka kita berikan orientasi terlebih dahulu,dan sasaran mereka nanti Calon Pengantin,ibu-ibu hamil,ibu-ibu habis bersalin dan para balita sampai usia 2 tahun.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi, kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

Herdiana, Kades Pasir Gadung saat di temui awak media mengatakan giat orientasi  ini diharapkan bisa menjadi bekal Tim TPK Desa Pasir Gadung ketika terjun ke lapangan.

” Jadi sebelum mereka terjun di tempat masing-masing untuk melakukan pendampingan maka kita berikan orientasi terlebih dahulu,dan sasaran mereka nanti Calon Pengantin,ibu-ibu hamil,ibu-ibu habis bersalin dan para balita sampai usia 2 Tahun,’ Ujar Kades Herdiana di hadapan awak Media.

Lebih lanjut dirinya berharap melalui kegiatan orientasi Tim Pendamping keluarga hari ini seluruh peserta bisa mengerti dan memahami apa yang telah di sampaikan oleh para narasumber dan bisa di laksanakan dengan baik di Desa masing masing.

” Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita harapkan seluruh peserta bisa mengerti dan memahami apa yang telah di sampaikan oleh para narasumber dan bisa di laksanakan di Desa masing masing,”Harap Kades Herdiana.

“Semoga giat ini bermanfaat untuk seluruh keluarga, terutama di Desa Pasir Gadung ini,’ tutupnya.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+