PENDIDIKAN

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Menghadiri Acara Hari Krida Pertanian, Ruwatan Bumi

Heri Suprayogi
24 Agustus 2022, Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-08-24T09:34:08Z
masukkan script iklan disini

SUBANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si menghadiri acara hari krida pertanian (Ruwatan Bumi) di Blok Cicadas Kelurahan Dangdeur, Subang. Rabu (24/08/2022).

Kegiatan Ruatan Bumi adalah ungkapan syukur atas hasil yang diperoleh dari bumi. Pengharapan setahun kedepan, serta penghormatan kepada leluhur. Ruat dalam Bahasa Sunda artinya mengumpulkan dan merawat. Yang dikumpulkan dan dirawat adalah masyarakat dan hasil buminya.

Dampak urbanisasi dan globalisasi semakin menggeser posisi kebudayaan dan adat istiadat dari posisi idealnya, jika tidak di pertahankan maka identitas bangsa pun lambat laun akan menjadi pudar bahkan hanya menjadi catatan saja yang akan dibaca oleh generasi mendatang.

Plt. Camat Subang, Sumardi, S.STP., M.AP menyampaikan ruatan bumi merupakan warisan budaya leluhur yang harus dipertahankan, terlebih Blok Cicadas berada di perkotaan, di Kecamatan Subang. “Semenjak dari 2019 tidak diadakan ruatan bumi, baru hari ini, pada tahun 2022 bisa diadakan kembali ruatan bumi ini. Tentunya ini sebuah kebahagiaan bagi masyarakat Blok Cicadas bisa melaksanakan ruatan bumi.”

Sekda Subang, Kang Asep Nuroni yang hadir mewakili Bupati Subang menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga kepada warga Blok Cicadas, Kang Asep menilai tidak mudah ditemukan ruatan bumi di lingkungan perkotaan pada saat ini. “Semoga dengan adanya ruatan bumi ini semakin mengkokohkan kebudayaan dan adat istiadat kita sehingga tidak luntur oleh zaman. Mari jadikan peringatan ruatan bumi sebagai momentum evaluasi dan rasa syukur atas setiap langkah yang telah dilakukan selama ini. Harapan dan do’a terbaik semoga masyarakat Kabupaten Subang, khususnya di Blok Cicadas kelurahan Dangdeur bisa lebih sejahtera.”

Pada acara tersebut, turut hadir mendampingi Kabag Prokompim, Lurah Dangdeur, dan Babinsa Kamtibmas Dangdeur. (Asep Nasa YH) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+