PENDIDIKAN

Bupati Apresiasi Kolaborasi Siswa/i SMP Subang dengan Dunia Internasional

Heri Suprayogi
07 Maret 2023, Maret 07, 2023 WIB Last Updated 2023-03-07T03:31:45Z
masukkan script iklan disini

 

SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat, menghadiri kegiatan Launching Generation Global dan pelepasan Mural Japan Artmil International Collaborative Learning, bertempat di aula Abdul wahyan rumah dinas Bupati Senin (6/03/2023).

Kegiatan diawali dengan penampilan pencak silat dari Mumud (Siswa SMPN 2 Subang, Juara ke-4 Pencak Silat Nasional), dan dilanjutkan dengan penjelasan Tema Mural oleh Bhayang & Arlin (Siswi SMPN 1 Pagaden).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang H. Tatang Komara, S.Pd., M.Si menyatakan bahwa kegiatan yang saat ini adalah dalam rangka launching Mural yang dilukis oleh siswa di dua negara, yaitu Indonesia dan Jepang. 

Dirinya pun menyampaikan terkait Program yang dilaksanakan, diantaranya Japan Artmile Internasional, yaitu Program kolaborasi Mural atau lukisan yang memiliki 17 tema pembangunan berkelanjutan dan dilukis oleh siswa SMP Negeri dan Swasta di subang dengan Sekolah Menengah di Jepang, yaitu Hasiyama Japan.

Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan adalah Generation global, dimana para Siswa SMP Negeri dan swasta di Subang dapat berdialog dengan siswa siswi dari negara lain seperti India, Ukrania, Bhutan, Uni Emirate Arab dan negara lainnya, dengan tujuan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di dunia berdasarkan pemikiran mereka sebagai pelajar.

Menutup laporannya Kadisdikbud Subang menyampaikan bahwa dirinya beserta Dinas Pendidikan akan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Subang. "Kami terus Mencoba menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak di seluruh dunia."

Sementara itu, Kang Jimat pada kesempatan tersebut mengapresiasi Dinas Pendidikan serta para siswa/i SMPN di Subang yang telah bersama sama mensukseskan kegiatan Launching Generation Global dan pelepasan Mural Japan Artmil International Collaborative Learning. "Atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten subang saya mengucapkan terima kasih juga apresiasi setinggi-tingginya kepada dinas pendidikan beserta seluruh anak-anakku yang telah mensukseskan kegiatan ini."

Kang Jimat juga mengatakan bahwa Mural yang dilukis oleh para siswa SMP Subang dan Jepang tersebut bukan hanya sekedar karya seni biasa, tapi mampu memainkan peran penting dalam kehidupan sosial. "dengan imajinasi dan histori yang luar biasa menjadikan mural bukan karya seni biasa, seni mural memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman kawasan menyegarkan atau kenangan sosial."

Kang Jimat juga meminta karya yang saat ini telah diluncurkan, untuk dapat masuk kedalam konten museum Subang. "karya yang sangat luar biasa, tolong kepada bapak dan Ibu guru, karya ini saya minta dijadikan konten museum."

Menutup sambutannya, Kang Jimat memotivasi para siswa untuk tetap semangat dan bersungguh sungguh dalam berkarya, dan dapat memasukkan ciri khas Budaya Subang dalam setiap karya. "anak-anakku semua tetap semangat, buat kolaborasi internasional sebaik mungkin. perkenalkan indonesia bahkan masukkan ciri khas budaya subang dalam karya kalian."

L

Mengikuti secara virtual kegiatan tersebut Koordinator Nasional ESD dan ASPNET Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian dan Teknologi) Ananto Kusuma Seta, Ph.D., Presiden Japan Artmile Internasional Collaborative Learning Foundation Ms. Atsuko Shiwaku, Kepala Kemitraan Pemasaran dan Komunikasi Generation Global dari Tony Blair Institute untuk Globa Change Ms. Shruti Sharma dan Koordinator Asia Tenggara Generation Global Tony Blair Institute untuk Global Change Ms. Allegra Putri Kartika. (Doc/Asep Nasa, YH)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+