PENDIDIKAN

Mahasiswa KKN Unisri 2023 Lakukan Pelatihan Pembukuan Akuntansi Sederhana Terhadap UMKM

Heri Suprayogi
06 Agustus 2023, Agustus 06, 2023 WIB Last Updated 2023-08-06T11:59:05Z
masukkan script iklan disini

 


BOYOLALI - Mahasiswa Kelompok 04 Kuliah Kerja Nyata - Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) 2023 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melakukan pelatihan pembukuan akuntansi sederhana terhadap pelaku usaha kecil di Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, pada hari Sabtu (05/08/2023).


Pelatihan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Hal ini dapat membantu usaha kecil dalam merancang langkah-langkah tepat yang akan diambil kedepannya serta meminimalisir kerugian.


Pelatihan ini diikuti oleh 10 perwakilan UMKM di Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Materi pelatihan meliputi pencatatan secara mendetail terkait informasi keluar dan masuknya arus uang usaha, baik secara tunai maupun kredit. Pencatatan mendetail dilakukan sehingga bisa diketahui tentang kondisi finansial sebuah usaha dengan cara penggolongan transaksi, status dan keterangannya.


Salah satu mahasiswa KKN, Adies Varadilla Arlydiyanti menyampaikan bahwa mahasiswa Unisri melaksanakan implementasi dari artian Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kepada masyarakat dengan pelaksanaan program kerja di bidang ekonomi dan difokuskan pada pelatihan pembukuan akuntansi sederhana terhadap pelaku usaha kecil Desa Kacangan.


"Dengan Pelatihan ini diharapkan bagi usaha kecil untuk mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Hal ini dapat membantu usaha kecil dalam merancang langkah-langkah tepat yang akan diambil kedepannya serta meminimalisir kerugian." Ujarnya.


Adies Varadilla juga mengatakan jika terdapat kurangnya pemahaman masyarakat dalam melakukan pembukuan yang baik dan benar dan masih kurangnya memanfaatkan secara maksimal. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara sosialisasi door to door terhadap beberapa pelaku usaha kecil yang terdapat di Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+