PENDIDIKAN

Peringati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Bupati dan Wabup Laksanakan Riung Mungpulung

Heri Suprayogi
16 Agustus 2023, Agustus 16, 2023 WIB Last Updated 2023-08-16T13:04:25Z
masukkan script iklan disini


SUBANG - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Subang tahun 2023, Bupati Subang H. Ruhimat, dan Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur Rosyadi, menghadiri kegiatan Riung Mungpulung, bertempat di Aula Oman Syahroni, Pemda Subang. Rabu, 16 Agustus 2023.


Kegiatan Riung Mumpulung, dibuka dengan penampilan Paduan Suara TP PKK dan DWP Kabupaten Subang yang juga diikuti oleh Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Wakil Ketua TP PKK Hj. Ega Agustine Rosyadi serta Ketua DWP Kabupaten Subang Hj. Siti Nuraeni Nuroni, yang menyanyikan Lagu 'Indonesia Jaya' yang dinyanyikan oleh Harvey Malaiholo, serta lagu 'Rayuan Pulau Kelapa'.


Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si selaku ketua panitia HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Subang tahun 2023 dalam laporannya menyampaikan Bahwa tema besar pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yaitu 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju'.


Menutup laporannya, Kang Asep sapaan Sekda Subang menyatakan harapannya, dimana melalui kegiatan tersebut, mampu meningkatkan kesatuan, persatuan, dan sinergitas untuk subang yang lebih baik di masa depan.

"Mudah-mudahan kita bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan sinergitas kita untuk menuju Subang Jawara, dan Subang lebih maju di waktu yang akan datang."


Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Kecamatan Binong, Kecamatan Cisalak, Kecamatan Kasomalang, Charoen Pokphand Subang, Bank BJB serta PT. Tirta Investama Subang atas peran serta terhadap penurunan Stunting di Kabupaten Subang. 


Selain itu, diserahkan pula penghargaan dari Menteri KPPA, dimana Kabupaten Subang berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori Pratama, yang penyerahan penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Subang kepada Kepala DP2KBP3A Subang.


Sementara itu, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan 

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan peristiwa sakral dan bersejarah bagi Rakyat Indonesia. oleh karena itu, Kang Jimat berharap moment tersebut harus menjadi motivasi untuk menjadi lebih tangguh dan bertumbuh. 


Kang Jimat juga menyampaikan bahwa Peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia harus dimaknai dengan senantiasa bersyukur atas anugerah yang telah Allah berikan, khususnya kepada kabupaten subang.

"betapa banyak potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan potensi strategis lainnya yang ada di kabupaten subang. untuk itu dibutuhkan komitmen yang tinggi dari kita semua serta konsistensi dalam mempertahankan cita-cita bersama menuju subang jawara (jaya, istimewa, sejahtera)."


Kang Jimat menjelaskan, bahwa kegiatan Riung Mungpulung diambil dari falsafah sunda 'Riung Mungpulung Bongkok Ngaronyok', yang memiliki arti terus bersama walaupun dalam keadaan suka dan duka.

"Ini merupakan budaya Sunda yang harus kita pertahankan, bergandengan tangan, bergotong-royong saling menguatkan satu sama lain untuk menghadapi setiap hambatan dan tantangan."


Selanjutnya Kang Jimat menyatakan bahwa berbagai penghargaan yang diraih dibawah kepemimpinan nya bersama Kang Akur, tidak terlepas dari kerjasama dan merupakan bukti dari gotong royong dari semua pihak. 

"saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan membantu dalam proses pembangunan di kabupaten subang."


Agenda dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng tiup lilin dan pemotongan kue yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati dan ketua DPRD, di mana potongan kue diserahkan kepada Veteran Republik Indonesia dan potongan tumpeng diserahkan kepada tokoh masyarakat Kabupaten Subang.


Pada kegiatan Riung Mungpulung tersebut, dilaksanakan pula deklarasi dan penandatanganan Pemilu Damai 2024 tingkat kabupaten Subang yang ditandatangani oleh Bupati Subang, Wakil Bupati Subang, Para Pejabat Forkopimda, ketua KPU, Bawaslu Kabupaten Subang, serta para Ketua Partai Politik di Kabupaten Subang.


Turut hadir pada kegiatan tersebut ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag Subang, para Asda, kepala OPD, para ketua Partai Politik, serta tamu undangan lainnya. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+