PENDIDIKAN

Bupati dan Wabup Ikut Upacara HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia

Heri Suprayogi
05 Oktober 2023, Oktober 05, 2023 WIB Last Updated 2023-10-05T14:36:23Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur Rosyadi mengikuti Upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia, bertempat di Lanud Suryadharma Kalijati Subang, Kamis (05/10/2023).


Tema pada Upacara Peringatan Ke-78 Hari TNI tahun 2023 kali ini adalah TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju dan bertindak selaku Inspektur Upacara yaitu Komandan Lanud Suryadharma Marsma Sri Duto Danisworo S.AP.,M.Si dengan Komandan Upacara Mayor Pembekalan Gilang Rayi Sukma Efendi.


Dalam upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan kepada PrakaTri Prasetyono berupa Satya Lencana Kesetiaan 8 tahun dan Peltu Sukadi berupa Satya Lencana Kesetiaan 24 tahun.


Marsma Sri Duto membacakan amanat dari panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang menyampaikan TNI telah berhasil menjalankan fungsinya dengan baik selama 78 tahun mengawal NKRI. "TNI telah hadir dan menjalanlan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir selama 78 dan telah mengatasi berbagai permasalahan bangsa dengan baik. TNI telah mendapat kepercayaan masyarakat yang tinggi. Terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasinya."


Atas segala pencapaian TNI Panglima berpesan agar seluruh prajurit tidak terlena dan menjadikan HUT ke-78 TNI ini sebagai momentum untuk instropeksi demi TNI yang lebih baik. "TNI tidak boleh terlena karena berbagai tantangan yang kita hadapi tidaklah ringan. Setelah pandemi covid-19 dunia menghadapi berbagai krisis. Momentum ulang tahun ke-78 TNI harus menjadi bahan instropeksi untuk newujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh."


Terkait tema yang diangkat, Panglima TNI menyatakan TNI menjamin keamanan dan kelancaran dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung pada 2024 mendatang demi terwujudnya Indonesia maju dan sejahtera. "Tema yang diangkat mengandung makna TNI berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa yang lainnya untuk mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera. TNI berkomitmen menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi berlangsung dengan aman damai dan sejuk."


Terakhir Panglima TNI berpesan agar seluruh prajurit TNI meningkatkan kemanunggalan dengan rakyat dan terus menjalankan sumpah prajurit dengan baik demi menjaga kedaulatan negara. "TNI semakin manunggal dan bersatu dengan rakyat untuk menegakan kedaulatan negara."


Upacara Peringatan ke-78 Hari Tentara Nasional Indonesia tersebut ditutup dengan defile dari seluruh kesatuan yang ada di Kabupaten Subang dan disaksikan secara langsung oleh Kang Jimat-Akur bersama Danlanud Suryadharma dilanjutkan dengan acara syukuran.


Turut mengikuti Upacara Peringatan ke-78 Hari TNI Forkopimda Kabupaten Subang, Seluruh Pejabat Lanud Suryadharma, Kapolres Karawang, Kapolres Purwakarta, para Kepala OPD Kabupaten Subang, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, tamu undangan, dan seluruh peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, PNS, serta pelajar. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+