PENDIDIKAN

Cerita Inspiratif Mahasiswa Perantauan: Pengalaman Berharga Melalui Program Magang Merdeka di Kota Metropolitan

Heri Suprayogi
25 Januari 2024, Januari 25, 2024 WIB Last Updated 2024-01-25T02:36:41Z
masukkan script iklan disini

 


SURAKARTA - Program Magang Mahasiswa Merdeka- Merdeka Belajar Kampus Belajar menjadi salah satu program merdeka belajar yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu akademis yang didapatkan selama berkuliah, memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa diluar zona kampus, memperoleh pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia kerja sebagai bekal masa depan mahasiswa setelah menyelesaikan studinya. Untuk terwujud harapan dan tujuan tersebut, Universitas Slamet Riyadi Surakarta yang menjadi salah satu penerima hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka Tahun 2023 sebagai program yang dihadirkan dalam bentuk kompetisi terbuka dengan sistem seleksi. Memberikan peluang bagi mahasiswanya untuk boleh mengambil andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bentuk pembuktian terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945. Tentunya  Pelaksanaan PMM PKKM ini dijalankan sesuai aturan dari Ditjen Dikti dan Universitas.


2 Oktober 2023 merupakan langkah awal 3 mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Bapak Rizky Ramadhan AA, S.E, MM. tiba di Kantor Akuntan Publik, yang berada di kota Jakarta. Selama 1 semester (4-6 bulan) mengikuti Magang yang bukan hanya sekedar pengalaman kerja tetapi juga pelajaran dan/atau pengalaman yang jadi pembelajaran hidup. (25/01/2024)


Berada di lingkungan yang baru tentunya menimbulkan banyak perbedaan yang tidak mudah bagi mahasiswa PMM PKKM, bahasa, makanan, biaya hidup, pergaulan dan lainnya sudah menjadi hal nyata yang tentunya harus disadari dan di hadapi oleh mahasiswi magang kampus merdeka. 

Namun melalui PMM banyak cerita yang bisa dibawa pulang, sama seperti yang saya rasakan. Berada di semester akhir adalah jenjang dimana mulai mengkhawatirkan mengenai karir masa depan setelah perkuliahan, namun tentunya ada hal lain juga yang sangat dikhawatirkan yaitu bagaimana caranya menyelesaikan skripsi dengan baik. Membayangkan bagaimana nanti jika sudah mulai bekerja, apakah saya bisa mendapatkan pekerjaan yang saya impikan? apakah pembelajaran yang selama ini saya terima dari kampus bermanfaat untuk menunjang karir saya? masuk dunia kerja tentunya akan lebih sulit dibandingkan dengan berkuliah sehingga saya memutuskan untuk mengikuti magang sebagai salah satu langkah awal saya untuk mengenal dunia kerja, mengenal pekerjaan yang menjadi impian saya dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa tentunya. Dibalik harapan saya tersebut tentunya untuk melalui proses ini (magang) tidak akan mudah, saya akan menjalani hari-hari dengan banyaknya adaptasi dari tata krama, sikap, makanan, dan lingkungan terlebih lagi saya harus bekerja, mengikuti aturan kantor yang belum pernah saya lakukan. Tentunya tidak semua berjalan dengan mudah, tapi selama kita masih punya tekad dan semangat, kenapa tidak?


Ada Salah satu pengalaman yang begitu menarik selama saya menjalani magang, saya diberikan kesempatan yang menurut saya tidak semua orang bisa mendapatkannya yaitu kesempatan untuk bisa ikut pergi bekerja bukan lagi keluar kota namun ke luar provinsi dan bagi saya itu adalah perjalanan terjauh yang pernah saya tempuh. Pengalaman yang luar biasa yang saya dapatkan saat itu membuat saya semakin paham bagaimana cara kerja dari pekerjaan yang saya minati, bagaimana dan siapa saja orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan ini, saya bisa merasakan susah dan senangnya bekerja dan saya menyadari dunia kerja tidak seburuk itu tetap ada senangnya walaupun memang tidak bisa bohong bahwa pekerjaan yang dilakukan nyatanya cukup sulit. Pengalaman ini tidak akan saya lupakan seumur hidup saya, itu sangat luar biasa bagi saya! 


Saat ini, saya Rhut Mutiara Putri mahasiswa semester akhir PMM hibah PKKM Universitas Slamet Riyadi 2023 mengucapkan terimakasih untuk semua rekan kerja, atasan, kakak-kakak yang banyak menolong saya selama magang dan atas semua kesempatan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan dari magang yang saya jalani ini baik suka dan duka selama bekerja, sulitnya menyelesaikan pekerjaan, pertemanan yang baru, pengalaman baru, dan tentunya ilmu yang luar biasa yang saya dapatkan akan menjadi bekal bagi saya untuk siap bekerja ketika saya lulus. Ditempat ini saya banyak memiliki pengalaman indah yang tidak semua orang bisa lalui. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+