PENDIDIKAN

Perayaan Hari Kaki Pengkor Sedunia, Sekda Ajak Saling Kuatkan Satu Sama Lain

Heri Suprayogi
05 Juni 2024, Juni 05, 2024 WIB Last Updated 2024-06-05T14:37:16Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah membuka Club Foot Day Celebrations 2024 yang mengusung tema Empowerings Lives : Steps to ClubFoot freedom merupakan perayaan Hari Kaki Pengkor Sedunia. 


Dirinya menyampaikan apresiasi kepada para pihak di Kota Bogor yang telah peduli terhadap anak-anak Kota Bogor yang kakinya mengalami kondisi Congenital Talipes Equinovarus (CTEV) atau kaki pengkor.


Di Kota Bogor ditemukan 32 anak dengan CTEV, akan hal tersebut, motivasi dan penguatan pun diberikan oleh Syarifah, agar sabar dan saling memberi informasi karena tidak sedikit orangtua mengalami depresi menghadapi kondisi anak yang berbeda. 


“Di Hari Jadi Bogor, biasanya kami melakukan operasi bagi penderita bibir sumbing, tapi hari ini kita berkumpul untuk bersama-sama menghadapi dan mengobati kondisi anak-anak yang menderita CTEV. Kita tidak ingin kondisi anak kita seperti ini atau mengalami kelainan," kata Syarifah di Aula Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jalan RM. Tirto Adhi Soerjo, Kota Bogor, Selasa (4/6/2024). 


"Namun, saya ingin memberikan motivasi bapak ibu tidak sendiri, kita harus saling menguatkan satu sama salin," ujarnya. 


Dengan adanya komunitas ini diharapkan dapat saling memberikan pelajaran dan informasi untuk saling menguatkan. 


"Bapak ibu tidak sendiri, pembiayaan cukup besar, di sini ada doctorSHARE, semoga setelah mengetahui ini Pemkot Bogor bisa berkontribusi bersama bapak ibu sekalian,” kata Syarifah. 


Senada, apresiasi juga datang dari Direktur doctorSHARE, Tutuk Utomo Nuradi bagi Kota Bogor yang pencapaiannya ternyata juga luar biasa, dimana banyak orang tua yang memiliki anak dengan kondisi CTEV bisa langsung mendapat intervensi. 


Saat ini di Indonesia, berdasarkan studi jumlah kasus CTEV adalah 1 dari 1000 kelahiran hidup. Jumlah anak yang mengalami kondisi CTEV dan yang tergabung dalam program CTEV atau dirawat doctorSHARE kurang lebih berjumlah 175 anak, jumlah tersebut belum semuanya. Tahun depan doctorSHARE akan menyasar 400 anak. 


Tingkat keberhasilan intervensi menuju kesembuhan kaki pengkor sebesar 80 sampai 90 persen terletak pada orang tua karena yang bisa menentukan dan membantu anak untuk melakukan konsultasi rutin, bisa datang ke rumah sakit adalah orang tua sebab diperlukan konsistensi dan kesabaran untuk bisa terus lakukan intervensi.


Tutuk menjelaskan secara fakta proses pengobatan dan penyembuhan tidaklah mudah, bisa memakan waktu 3 sampai 4 tahun agar bisa sembuh dengan mengikuti arahan, informasi dan tahapan yang disampaikan dokter. 


“Kebetulan anak saya mengalami kondisi CTEV tapi sekarang sudah sembuh dan hobinya main futsal. Jika dalam proses penyembuhan anak bapak ibu nangis karena harus menggunakan sepatu, jangan dicopot, kalau nanti digips terus menangis, itu adalah hal yang lumrah sebagai satu tahapan yang dilewati," ucap Tutuk. 


"Jangan sampai bapak ibu karena tidak sabar atau merasa kasihan maka kondisi kaki anak bapak ibu kembali pengkor, akhirnya harus mengulang dari awal," sambungnya. 


Sebagai informasi, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati ClubFoot Day international sedianya rutin dirayakan pada 3 Juni, namun karena bertepatan dengan Hari Jadi Bogor (HJB) peringatan digeser pada 4 Juni 2024. 


Peringatan tersebut dijelaskan Tutuk menjadi kegiatan yang pertama di Kota Bogor. CTEV atau kaki pengkor ini belum menjadi prioritas nasional. Melalui kegiatan pihaknya ingin memberikan informasi dan kesempatan kedua bagi anak-anak yang memiliki kondisi CTEV dan dukungan, agar bisa berjalan normal. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+