PENDIDIKAN

Dandim 0304 Agam Pimpin Acara Panen Perdana Jagung

Heri Suprayogi
13 September 2022, September 13, 2022 WIB Last Updated 2022-09-13T14:44:36Z
masukkan script iklan disini

AGAM - Dandim 0304/Komandan Kodim 0304/Agam, di wakili Kasdim Mayor Inf Deswanto pimpin panen perdana tanaman jagung di lahan ketahanan pangan Koramil 03 Lubuk Basung di Kecamatan Lubuk Basung Selasa (13/09/2022).

Sambutan Dandim 0304/Agam diwakili Kasdim Mayor Inf Deswanto, yang menghadiri acara panen perdana jagung ini, Dandim 0304/Agam, Bupati Kab. Agam, Kapolres Kab. Agam, Kepala Dinas Pertanian Kab. Agam, Camat Lubuk Basung, Wali Nagari Lubuk Basung.

Kelompok tani untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan dalam program Kolaborasi Ketahanan Pangan antara Pemerintah dengan TNI AD, Saya berharap, kegiatan yang kita laksanakan ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kab. Agam.

Dinas Pertanian, Unsur Kecamatan Lubuk Basung, serta Jajarannya, sebagai sasaran kegiatan dapat tercapai yaitu memperoleh hasil yang maksimal, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahtraan Masyarakat.

Kita juga bersilaturahmi dalam rangka acara panen perdana Jagung dan pelaksanaan program ketahanan Pangan TNI AD, teriring harapan semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'afiat.

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan pemerintah terus berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur sebagai lahan pertanian, saat ini masih banyak lahan milik pemerintah yang kosong, yang berpotensi di mamfaatkan dan dikembangangkan di sektor pertanian.

Kegiatan ini merupakan upaya dalam membantu pemerintah mewujudkan ketahanan pangan serta meningkatkan seksejahtraan masyarakat, kami selalu berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian, dalam pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan hasil yang maksimal.

Pertanian memiliki peranan sangat penting dalam membangun perekonomian nasional, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan, untuk mewujudkan swasembada pangan masyarakat ujarnya.

Bupati Agam diwakili Kepala Dinas Pertanian Kab.Agam, pengasilan bisa ditingkatkan dengan pemakaian pupuk selama ini, pupuk kita mengasilkan 6 ton, sekarang kita tingkatkan pemakaian pupuk dan hasilnya juga meningkat.

Dalam mempercepat penanaman selama ini, masyarakat kita bertani, sekarang ada lahan TNI di Lubuk Basung sangat membantu sekali dalam rangka penanaman pangan kita, dimana lahan potensi penanam jagung lebih kurang 10 hektar, ini sangat luar bisasa potensinya.

Wacana dengan Camat dari kelompok tani yg ada dan itu dituangkan dalam bentuk kerjasama pemanfaatkan lahan ini, akan menjadi kelompok tani secara administrasi, kelompok tani ini bisa kita bantu ,disamping lahan yang akan memberi dampak baik kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat kita nantinya.

Kebun lahan kosong milik TNI AD di sekitarnya, merupakan upaya mendukung program Produktif ketahanan pangan Yang Di Programkan Kodim 0304/Agam, dikembangkan sejak beberapa bulan lalu, perkebunan jagung tersebut berada di lokasi Lahan jagung Kodim 0304/Agam, Sungai Jariang Lubuk Basung Kab. Agam.


Perkebunan jagung skala rumah tangga ini merupakan hasil dari pemanfaatan lahan kosong yang berada di sekitar wilayah Koramil Lubuk Basung, hasilnya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan,” ujar Dandim.

Saya harap personel maupun masyarakat dapat menjadikan lahan yang tidur atau lahan yang ada di sekitar tempat tinggalnya menjadi lebih produktif,” harap dan pungkas Dandim.(Pendim 0304). (Syafrianto Kabiro Agam)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+