PENDIDIKAN

Agam Gelar Lomba Tahfiz Al Quran, Tingkat Pelajar SD dan SMP

Heri Suprayogi
15 April 2023, April 15, 2023 WIB Last Updated 2023-04-17T23:13:39Z
masukkan script iklan disini



AGAM SUMBAR - Untuk menyukseskan program unggulan daerah Kabupaten Agam bidang tahfiz, Sabtu, 15 April 2023 bertempat di Mesjid Al Hikmah Simpang Tigo Lubuk Basung digelar Lomba Tahfiz Tingkat se-Kabupaten. Agam untuk jenjang tingkat SD dan SMP. 

Pembukaan kegiatan tahfiz ini dibuka langsung oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, MM. Dalam kata sambutan pembukaan Bupati Agam menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas digelarnya lomba tahfiz untuk pelajar se-Kabupaten Agam. Saya sangat bangga karena kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa program unggul daerah yang saya sampaikan telah direspon dengan baik. Buktinya semua siswa SD dan SMP pemenang lomba kecamatan dapat mengikuti lomba di tingkat kabupaten Agam.     

Setelah lomba tahfiz dibuka bupati Agam, selanjutnya dilaksanan lomba di Mesjid Al Hikmah untuk SD dan mesjid Syuhada Lapau Talang Lubuk Basung untuk SMP. Perlombaan tahfiz berakhir pada pukul 16.45 wib dan ditutup langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Isra, M.Pd. 

Kepalan Dinas Pendidikan Drs. H. Isra, M.Pd dan Kebudayaan Kabupaten Agam di dalam acara penutupan berlangsung menyampaikan, rasa bangga dan haru atas kelancaran dan kesuksesan lomba tahfiz, "Saya merasa bangga karena semua peserta mengikuti dengan semangat yang luar biasa. Sementara itu saya juga terharu bahkan sampai meneteskan air mata menyaksikan penampilan pelajar SD dan SMP kita yang begitu cerdas melantunkan ayat ayat Al Qur'an yang diujikan oleh para juri. Peserta membacakan ayat dengan suara yang bagus, tajwid dan mahraj yang benar."

Isra, M.Pd menambahkan, sangat berharap agar semua pihak sekolah meningkatkan lagi program tahfiz agar terciptanya generasi qur'ani yang membumikan Al Qur'an di Kabupaten Agam ini. Dengan demikian terciptanya lah Agam yang Madani yang kita dambakan selama ini.

Dibagian akhir acara penutupan lomba, diumumkan oleh para dewan juri pemenang sebagai berikut:

Tingkat pelajar SD juara pertama diraih oleh Kamila Yuki Charisa, siswa SD 23 Guguk Randah Kec IV Koto, juara kedua Khairul Azka, SD 09 Pakan Sinayan Kec Banuhampu, juara ketiga Ziyadlana Fayadhi, SDIT Al Madany Kec Lubuk Basung. Sementara untuk pelajar SMP, juara pertama diraih Layla Izzatul Yusra, SMPIT Raudhah Kec Lubuk Basung, juara kedua Fany Aukia Fitri SMPN 3 Ampek Angkek Kec Ampek Angkek, dan juara ketiga Mutiara Salsabila, SMPN 1 Banuhampu Kec Banuhampu.

Masing-masing juara mendapatkan trophy, piagam, dan uang tabungan sebesar Rp. 2,500.000 untuk juara I, Rp. 2.000.000 juara II, dan Rp. 1,500.000 untuk juara III. Sementara Juara umum jatuh kepada Kec. Lubuk Basung mendapatkan trophy bergilir Bupati Agam.     

Melalui lomba tahfiz ini diharapkan semua sekolah menetapkan Tahfiz sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Selanjutnya pada tahun berikutnya lomba tahfiz ini akan makin ditingkatkan dan dikembangkan, semoga upaya menciptakan generasi unggul yg berakhlak mulia bisa kita wujudkan. Pungkasnya. (Andika)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+