PENDIDIKAN

Bupati dan Wabup Ikuti Sholat Idul Fitri 1444 H di Cigadung Subang

Heri Suprayogi
22 April 2023, April 22, 2023 WIB Last Updated 2023-04-22T14:05:17Z
masukkan script iklan disini

 

SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur Rosyadi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si bersama jajaran Forkopimda mengikuti pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 H, bertempat di Lapangan Rosela Kelurahan Cigadung Kecamatan Subang, Sabtu (22/04/2023).

Sholat Ied Idul Fitri 1444 H dilaksanakan secara berbeda dari tahun lalu di mana kali ini sholat ied dilaksanakan di Lapang Rosela karena alun-alun Kabupaten Subang tengah dalam proses renovasi. Dalam pelaksanaan ibadah sholat ied yang berbeda dari tahun lalu tersebut, Kang Jimat-Akur tampak sangat bahagia karena dapat bersilaturahmi secara langsung dengan masyarakat Kabupaten Subang. Selain itu masyarakat yang hadir juga tampak antusias dapat mengikuti ibadah sholat ied bersama Kang Jimat-Akur.

Sebelum sholat ied dimulai, H. Dede Rohaedi mewakili Baznas Kabupaten Subang melaporkan pengelolaan sementara Zakat, Infaq, dan Sadaqah periode Januari-April 2023 di mana zakat fitrah Ramadhan 1444 H sampai dengan pukul 01.30 WIB terkumpul sebanyak Rp. 28.860.220.300,- (dua puluh delapan milyar delapan ratus enam puluh juta dua ratus dua puluh ribu tiga ratus rupiah) dan telah didistribusikan langsung kepada mustahik. Zakat Mal Januari sampai dengan April 2023, dari Bupati, Wakil Bupati, ASN, TNI, BUMD, dan perorangan sebesar Rp. 695.633.976,- (enam ratus sembilan puluh lima juta enam ratus tiga puluh tiga ribu sembilan ratus tujuh puluh enam rupiah). Infak dan sedekah sebesar Rp. 1.146.944.239,- (satu milyar seratus empat puluh enam juta sembilan ratus empat puluh empat ribu dua ratus tiga puluh sembilan rupiah). Sehingga Total Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah sebesar Rp. 30.007.164.539,- (tiga puluh milyar tujuh juta seratus enam puluh empat ribu lima ratus tiga puluh sembilan rupiah) dengan jumlah mustahik yang telah dibantu oleh BAZNAS Kabupaten Subang sebanyak 1.241 (seribu dua ratus empat puluh satu) orang.

Membuka sambutannya Kang Jimat mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Subang dan berharap ibadah yang dilaksanakan di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT sekaligus menyampaikan permohonan maaf karena menurut Kang Jimat manusia tidak pernah lepas dari kesalahan. "Selamat merayakan Idul Fitri 1444 H. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Dalam suasana idul fitri ini pula saya atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf dan kesalahan yang disebabkan oleh kealpaan saya selaku pribadi manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa."

Selanjutnya Kang Jimat mengajak seluruh jamaah untuk terus bersyukur kepada Allah SWT karena pelaksanaan ibadah sholat ied dan perayaan Idul Fitri tahun ini dapat diselenggarakan dengan meriah tidak seperti 2 tahun lalu akibat adanya pandemi Covid-19. "Alhamdulillah idul fitri kali ini bisa kita rayakan bersama setelah 2 tahun kita tidak bisa melaksanakan sholat ied bersama akibat pandemi Covid-19. Meski demikian kita masih harus tetap waspada di masa transisi ini."

Kang Jimat mengajak kepada jamaah sholat ied untuk menjadikan Idul Fitri 1444 H yang bertepatan dengan HUT ke-75 Kabupaten Subang sebagai momentum untuk saling memaafkan, momentum untuk berjuang demi Kabupaten Subang, dan momentum untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah bagi Kabupaten Subang. "Momentum berharga dalam mempererat persaudaraan dalam mewujudkan pondasi kesatuan. Idul Fitri kali ini bersamaan dengan peringatan HUT ke-75 Kabupaten Subang dan merupakan momen yang tepat untuk kita renungkan kembali sejauh mana kita telah berbuat untuk mewujudkan Subang yang lebih baik dan menjadi momen untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan kepada Kabupaten Subang."

Terkait pembangunan yang kurang maksimal akibat pandemi Covid-19, Kang Jimat menghaturkan permohonan maaf sekaligus menyampaikan komitmennya untuk terus berupaya melaksanakan pembangunan baik fisik maupun non fisik di tengah keterbatasan. "Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas hal-hal yang belum dapat dicapai di masa kepemimpinan kami.Namun demikian alhamdulillah di tengah keterbatasan kami terus bekerja memelihara asa dan dengan kerja keras yang dilandasi semangat membangun gotong royong kami telah menghasilkan karya-karya yang patut dibanggakan diantaranya WTP 4 kali berturut-turut, kebijakan Zero Rupiah, penghargaan atas penanganan stunting, penghargaan dalam bidang ketahanan pangan, penyelenggaraan Subang Investment Summit, dan lahirnya Perpres 87 Tahun 2021 tentang pembangunan beberapa ruas jalan di Kabupaten Subang."

Menutup sambutannya Kang Jimat menghaturkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang khususnya masyarakat non muslim yang ikut serta dalam menjaga kamtibmas serta mengajak agar seluruh masyarakat Subang terus berupaya mewujudkan Subang Jawara. "Kepada masyarakat non muslim di Kabupaten Subang saya menghaturkan terima kasih atas peran sertanya dalam menjaga kamtibmas yang kondusif. Saya mengetuk, mengajak, bahkan meminta dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Subang untuk mewujudkan Subang Jawara, Jaya, Istimewa, Sejahtera." Pungkas Kang Jimat. 

Dalam pelaksanaan sholat idul fitri 1444 H tersebut bertugas selaku khotib yaitu K.H. Abdu Manaf, S.Ag (Ketua MUI Kab. Subang), Imam yaitu Ust. Saepul Malik, S.Ag (Penyuluh Agama, Kemenag Kab. Subang dan Bilal yaitu H. Dede Rohaedi, S.AN. (Pengurus DKM Masjid Agung Al-Musabaqoh). (Dok/D.Jekiw)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+