PENDIDIKAN

Lapas Kelas IIB Lubuk Basung Serahkan Zakat Fitrah pada WBP

Heri Suprayogi
20 April 2023, April 20, 2023 WIB Last Updated 2023-04-20T08:20:37Z
masukkan script iklan disini

BOGOR - Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan setelah bulan suci ramadhan habis maka setiap umat Islam wajib memberikan zakat fitrah pada orang-orang yang tidak mampu lapas kelas IIB membagikan zakat fitrahnya pada Baznas Kabupaten Agam dan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berhak menerima Mustahiq, yaitu kelompok orang yang berhak menerima Zakat. (20/04/2023).

Bahwa di lapas Lubuk Basung telah dibentuk UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang telah dikukuhkan oleh Pengurus Baznas Kab. Agam. UPZ lapas telah menerima pembayaran zakat fitrah baik dari para petugas maupun dari para warga binaan pemasyarakatan. Untuk zakat fitrah dari para petugas langsung dikumpulkan dan disetorkan ke Baznas pusat sedangkan untuk zakat fitrah yang dikumpulkan dari para WBP sebagian dibagikan kepada warga binaan pemasyarakatan lapas lubuk Basung yang berhak menerima dan sebagian disetorkan ke Baznas kabupaten Agam.

Kalapas Kelas IIB Lubuk Basung Suroto menambahkan, tahun ini UPZ lapas Lubuk Basung menerima pembayaran zakat dari WBP sebanyak 50 orang dari total 293 orang WBP dan menyalurkan kepada 25 orang WBP yang berhak menerima. Dengan diberikan zakat fitrah ini diharapkan dapat terjalin silahturahmi dan tumbuh kasih sayang diantara sesama muslim para penghuni lapas. Dengan adanya UPZ di lapas Lubuk Basung juga bertujuan untuk memudahkan para petugas dan WBP untuk membayar zakat baik zakat penghasilan maupun zakat fitrah, sedekah dan Infaq sehingga dapat terkumpul dan disalurkan oleh pengurus. 

Hal yang ini menjadi harapan kita semua bahwa kita sebagai umat Islam dapat menjalankan rukun Islam yaitu kewajiban membayar zakat dapat kita laksanakan. Demikian disampaikan terima kasih atas bantuannya. Hal ini terlaksana berkat dukungan dari Kakanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto. Pungkas Kalapas Suroto. (Andika)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+