PENDIDIKAN

Sertijab Wali Nagari Bawan, Sekda Agam: Bangun Konsolidasi dengan Perangkat Nagari

Heri Suprayogi
13 September 2023, September 13, 2023 WIB Last Updated 2023-09-13T13:01:34Z
masukkan script iklan disini

 


AGAM SUMBAR - Sertijab Walinagari Bawan Kamirudin dengan Arif Eka Putra, S.Sn serta pelantikan TP PKK Bawan Kecamatan Ampek Nagari yang baru Ny. Dila Arif Eka Putra dilakukan di Kantor Wali Nagari Bawan Rabu (13/09/2023).


Sertijab ini disaksikan oleh Ketua KAN, Penasehat KAN Bawan, Ninik Mamak Bawan dan masyarakat Bawan, juga di hadiri oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Agam DR. Yopi Eka Androni, SE., ME, dan Rezky Abdilah Fadal, S.T.P, unsur Puluhan Ninik Mamak Bawan ratusan masyarakat yang ingin menyaksikan pemimpin baru mereka menandatangani Berita Acara Serah Terima dari Wali Nagari yang lama Afrizal kepada Wali Nagari terpilih Taufik Saleh dilakukan.

Acara in pun mendapat perhatian oleh unsur-unsur yang berkepentingan tetapi juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Faksi Golkar Lazuardi Erman, SH serta Anggota DPRD Kabupaten Agam Riski Abdillah Fadhal serta Forkopincam Ampek Nagari.


Pelaksanaan sertijab di Nagari Bawan ini berbeda dan dengan sertijab yang dilakukan di Nagari lain, karena Sertijab Wali Nagari Bawan di hadiri oleh mantan Bupati Padang Pariaman H. Ali Mukhni sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

Di sisi lain di hari yang sama Sekda Kabupaten Agam Drs. Edi Busti, MM menyampaikan pada wali nagari yang terpilih Arif Eka putra, S.Sn bahwa untuk wali nagari harus melaksanakan fisi dan misinya di saat waktu pencalonan Wali Nagari dan untuk tiga bulan kedepannya Wali Nagari yang terpilih Arif Eka Putra, S.Sn harus membuat rencana kegiatannya dan wali nagari harus bekerja dengan bermusyawarah karena di Kenagarian ini adalah (tigo tungku sajarang), harus bermusyawarah dengan Ketua KAN, dan ketua BAMUS Nagari apabila kita bekerja dengan bersama-sama maka suatu hasilnya sangat bagus dengan di ibaratkan pepatah (basamo mangkonyo manjadi, indak basamo indak bakal jadi), bersama akan berhasil dan tidak bersama tidak akan berhasil.

Selanjutnya, dalam acara tersebut berurutan yang memberikan sambutan yang pertama tokoh masyarakat Dt Kando Maraji mengatakan, dengan adanya pergantian pimpinan nagari ini akan meningkatkan kemajuan Nagari Bawan ke depan dan menjadi contoh bagi Nagari lainnya, dan juga marilah lah kita meninggalkan silsilah lama marilah kita jalin silsilah yang baru untuk kedepannya.dan saya juga memberikan aspirasi pada wali nagari yang lama karna telah lama berjasa sebagai pemimpin Nagari Bawan untuk itu saya banyak mengucapkan terima kasih pada Wali Nagari yang lama telah memimpin Nagari Bawan ini.

Bupati Agam yang diwakili oleh Sekdakab Agam Drs. Edi Busti, MM menambahkan. yang juga mengatakan bahwa banyak hal yang harus dikonsolidasikan dengan berbagai pihak untuk menuntaskan kemiskinan di Nagari Bawan ini dan di Nagari Bawan ini sangat banyak potensi nya jadi kita harus menjalankan potensi di Nagari ini.


Pelaksanaan kegiatan yang ada harus selalu dibangun dengan konsolidasi internal dengan perangkat Nagari dan juga dengan pihak eksternal yang berkepentingan serta masyarakat dalam menyusun RPJM Nagari agar bisa dirasakan hasilnya. Kata Sekda.

Sertijab hari ini merupakan hari kedelapan pelaksanaan sertijab yang telah diagendakan oleh Pemkab Agam melalui DPMN bersama 2 Nagari lainnya yaitu Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari  serta Nagari Salareh Aia Timur Kecamatan Palembayan. Pungkasnya. (Andika)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+