PENDIDIKAN

Peringatan Hari Wayang Nasional dan Dunia Paling Meriah, Subang Gelar Penampilan Kolaborasi 3 Dalang

Heri Suprayogi
20 November 2023, November 20, 2023 WIB Last Updated 2023-11-20T03:42:30Z
masukkan script iklan disini


SUBANG - Bupati Subang Haji Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Subang H. Asep Nuroni, S.Sos, M.Si. menghadiri serta membuka acara Jagat Wayang Subang dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional & Dunia tahun 2023. Bertempat di Lapang Bintang, Minggu (19/11/2023).


Acara yang berlangsung pada malam hari tersebut merupakan sesi kedua dalam rangakaian acara Peringatan Hari Wayang Nasional & Dunia 2023 setelah sebelumnya dilaksanakan pada pagi hari di tempat yang sama.


Pada sesi kedua ini acara utama menampilkan Kolaborasi Wayang yang terdiri Ki Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya dari Giriharja 3 Putra Bandung, Ki Dalang Widodo Jaya Kusuma dari Buta Komara Putra Subang, dan Ki Dalang Apen Supendi dari Cinta Pusaka Putra Subang.

 

Ketua Persatuan Perdalangan Indonesia (PEPADI) Jawa Barat H. Darsa Wibiksana dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Subang yang telah menyelenggarakan acara Peringatan Hari Wayang Nasional & Dunia 2023 dengan meriah. “Perayaan Hari Wayang Nasional dan Dunia ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Subang tapi di antara yang lain saya yakin di Subang lah yang paling meriah” tuturnya.


H. Darsa Wibiksana juga bangga terhadap masyarakat Subang yang masih banyak mencintai seni budaya dan kearifan lokal khususnya wayang di tengah maraknya berbagai budaya luar saat ini. “Saya turut bangga dan berbahagia melihat banyak masyarakat Kabupaten Subang yang masih mencintai seni-seni budaya dan kearifan lokal seperti wayang.”


Menutup sambutannya H. Darsa Wibiksana menuturkan bahwa Jawa Barat berturut-turut menjadi daerah yang paling banyak menyelenggarakan Peringatan Hari Wayang Nasional dan Dunia. Ia berharap semoga di tahun depan Peringatan Hari Wayang semakin meriah dan lebih baik.


Membuka sambutannya Bupati Subang Kang Jimat mengajak seluruh masyarakat Subang untuk bersama-sama membangun Subang. “Hayu urang sabebedog sapapacul na dina raraga ngawangun Kabupaten Subang”


Kang Jimat mengungkapkan bahwa dilaksanakannya acara ini berdasarkan Perpres No. 30 tahun 2018 tentang Hari Wayang nasional yang ditetapkan jatuh pada tanggal 7 November. Kang Jimat melanjutkan bahwa acara ini merupakan sebuah upaya dalam melestarikan budaya asli bangsa Indonesia khususnya yang ada di Subang. “Ini bertujuan dina raraga ngamumule ulah katangkal hilang budaya bangsa kita apalagi yang sudah mendapatkan pengakuan dari dunia terkait budaya tak benda.”


Kang Jimat berharap wayang golek dapat tetap eksis di tengah gempuran budaya impor yang mudah berkembang di masyarakat. Kang Jimat juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ats terselenggaranya acara ini. Kang Jimat menyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung penuh kelestarian wayang golek khususnya yang ada di Subang. “Pemerintah Kabupaten Subang siap mensupport maksimal demi kelestarian wayang golek yang ada di Kabupaten Subang” tegas Kang Jimat.


Acara dilanjutkan dengan seremonial pencabutan Kayon oleh Bupati Subang Kang Jimat yang kemudian diserahkan kepada 3 orang dalang dan 1 komposer.


Selanjutnya penyerahan penghargaan oleh Kang Jimat kepada 3 orang dalang dan 1 orang Komposer.


- KI DALANG YOGASWARA SUNANDAR SUNARYA
(WAYANG GOLEK GIRIHARJA 3 PUTRA BANDUNG)
Sebagai Pengisi Acara Peringatan Hari Wayang Nasional dan
Dunia Kabupaten Subang tahun 2023.


- KI DALANG SUPENDI
(WAYANG KULIT CINTA PUSAKA PUTRA SUBANG)
Sebagai Pengisi Acara Peringatan Hari Wayang Nasional dan
Dunia Kabupaten Subang tahun 2023.


- KI DALANG WIDODO JAYA KUSUMAH
(WAYANG GOLEK DUTA KOMARA SUBANG)
Sebagai Pengisi Acara Peringatan Hari Wayang Nasional dan
Dunia Kabupaten Subang tahun 2023.


- GEMPUR SANTOSA, M.SN.
(NOCTURNAL ENSEMBLE SUBANG)
Sebagai Komposer Musik Kolaborasi Pada Acara Peringatan
Hari Wayang Nasional dan Dunia Kabupaten Subang tahun 2023.


Acara dilanjutkan dengan penampilan wayang golek yang dimulai oleh Ki Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya dari Giriharja 3 Putra Bandung.


Turut Hadir para Asisten Daerah, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Budayawan Subang. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+