PENDIDIKAN

Kades Suyoto,SE dan Masyarakat Desa Jati Mulyo Ikut Mensukseskan Pemilu dan Pilpres Serentak 2024

Heri Suprayogi
10 Februari 2024, Februari 10, 2024 WIB Last Updated 2024-02-10T13:40:49Z
masukkan script iklan disini



TANJABTIM - Sesuai arahan dan imbauan Camat Dendang, Surya Aldian, S.IP., MH, untuk mengajak seluruh masyarakat Dendang dan para jajarannya termasuk Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Dendang guna mensukseskan Pemilu 2024 berlangsung dengan lancar, aman dan damai. Juga turut menciptakan situasi pemilu serentak kali ini berjalan dengan kondusif dan selalu menjaga suasana Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) menjelang puncak pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden RI dan Wakil Presiden RI (Pilpres) pada 14 Februari 2024 yang digelar serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia termasuk di daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini, khususnya di Kecamatan Dendang yang segera diikuti patuh oleh seluruh jajaran di tingkat pemerintah desa, salah satunya adalah Pemerintahan Desa Jati Mulyo, Kecamatan Dendang.


Kepala Desa Jati Mulyo, Suyoto, SE menyatakan, hal senada, seperti berulangkali disampaikan dalam setiap arahan Camat Dendang, Surya Aldian, S.IP., MH kepada jajarannya termasuk Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Dendang untuk mensukseskan agenda Pemilu dan Pilpres serentak tahun 2024 di wilayah Kecamatan Dendang ini. Pihak Pemerintah Desa Jati Mulyo yakin dan optimis, ungkap Datuk Suyoto, saat pelaksanaan hari pencoblosan Rabu (14/02/2024) mendatang. Pelaksanaan acara Pemilu dan Pilpres serentak 2024 berlangsung di Desa Jati Mulyo ini, berjalan dengan sukses, lancar, aman dan damai, serta kondusif.


“Pemerintah Desa Jati Mulyo bersama dengan pihak PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Jati Muyo turut menjamin, bahwa pelaksanaan Pemilu dan Pilpres serentak, tanggal 14 Februari 2024 nanti, berlangsung dengan lancar, aman, dan damai,” sebutnya kepada beritaumum.com saat ditemui di rumah kediamannya di Desa Jati Mulyo.


Lanjutnya jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Dendang ini, tambahnya, terdiri dari dua TPS. Masing-masing kedua TPS tersebut, jelasnya, TPS 1 berada di lokasi RT 2, Dusun Jatimoro. Sedangkan untuk TPS 2 di wilayah RT 14, Dusun Sarimulyo.


“Adapun jumlah mata pilih seluruhnya,531 orang, yang ikut memilih di Desa Jati Mulyo pada Pemilu 2024 ini. Untuk pelaksanaan TPS kali ini, jadwalnya lebih pagi yang dimulai tepat pada pukul 08.00-12.00 WIB. Sementara untuk waktu tambahan, dibuka bagi DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) pada pukul 13.00-14.00 WIB, ” jelasnnya.


Ditambahkan untuk pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) serentak Pilpres 14 Februari 2024 ini, dapat dijelaskan secara rinci bahwa ada sebanyak lima kertas suara yang harus dicoblos oleh pemilih pada pemilu serentak tahun 2024 ini. 


“Ada lima kertas suara untuk dicoblos oleh pemilih pada Pileg dan Pilpres pada Pemilu serentak tahun 2024 ini. Masing-masing kelima kertas suara itu, berbeda-beda. Yakni masing-masing satu kertas suara untuk memilih Calon Anggota DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur periode 2024-2029. Satu kertas suara lagi, untuk memilih Calon Anggota DPRD di Provinsi Jambi dari daerah pemilihan dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada periode 2024-2029 ini,” ungkapnya. 


“Kemudian ada lagi satu kertas suara, masyarakat memilih untuk Calon Anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) RI periode 2024-2029. Satu kertas suara lagi, masyarakat memilih untuk Calon Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI periode 2024-2029, dan yang terakhir yakni satu kertas suara masyarakat memilih untuk Calon Presiden Republik Indonesia dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” paparnya.


Diakui Kades Jati Mulyo, Datuk Suyoto bahwa setiap perhelatan akbar seperti pesta demokrasi termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), termasuk Pemilu serentak tahun ini. Justru setiap masyarakat di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Dendang ini. Masyarakat selalu wajib hadir, mereka selalu bergotong-royong, bahu-membahu dan tolong-menolong membantu kelancaran acara kegiatan seperti pesta demokrasi pemilu tahun ini. 


“Tradisi masyarakat di Desa Jati Mulyo berbudaya cukup tinggi. Karena masyarakat kita disini, memiliki tradisi budaya bergotong-royong. Contohnya setiap acara hajatan, seperti acara pesta pernikahan, pesta syukuran dan lainnya. Membangun rumah warga yang sudah mao roboh atau yang sudah reyot, selalu masyarakat Desa Jati Mulyo ikut membantunya secara gotong-royong. Ada yang memberikan bantuan tenaganya, memberikan bantuan bahan-bahan (material) bangunan dan materi, dan sebagainya. Jadi kami yakin dan optimis, bahwa untuk pelaksanaan kelancaran acara besar, seperti Pemilu 2024 ini. Masyarakat kita, dan Pemerintah Desa Jati Mulyo, selalu kompak dan turut mensukseskan Pemilu dan Pilpres serentak pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, berlangsung lancar, aman dan damai dan juga kondusif sampai pernghitungan suara selesai,” tuturnya. (BAN/RC)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+