PENDIDIKAN

Pj Bupati Subang Hadiri Apel penutupan Simulasi dan Uji S.O.P Kampung Siaga Bencana Kecamatan Ciasem

Heri Suprayogi
31 Maret 2024, Maret 31, 2024 WIB Last Updated 2024-03-31T00:18:07Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd menghadiri Apel penutupan Simulasi dan Uji S.O.P Kampung Siaga Bencana yang bertempat di Lapang Alun-alun Kecamatan Ciasem. Sabtu (30/3/2024).


Kepala Dinas Sosial, Drs. H. Deden Hendriana, M.Pd. menyampaikan bahwa pelaksanaan Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28-30 Maret 2024 dan diikuti oleh 60 peserta relawan dari setiap desa yang ada di Kecamatan Ciasem.


Drs. H. Deden Hendriana, M.Pd. juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kesadaran masyarakat tentang tanggap bencana, jiga mengoptimalisasi potensi dan sumber daya masyarakat dalam penanggunggalangan bencana.


Hadir secara langsung, Sekjen Kemensos RI, Dr. Roben Rico, A.Md., LLAj, S.H., S.T., M.Si menyampaikan bahwa upaya penanggulangan bencana diperlukan upaya terus menerus dan berjenjang.


Dr. Roben Rico, A.Md. juga menjelaskan bahwan program Kampung Siaga Bencana harus dipersiapkan dari hulu sampai hilir "hal tersebut ini adalah sesuatu yang memang harus kita siapkan."


Dilanjutkan dengan penyerahan simbolis Penggunaan Rompi dan Bantuan Kementrian Sosial RI dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana di Kab. Subang sebesar Rp. 320.917.000 oleh Sekjen Kemensos RI kepada Pj. Bupati Subang.


Kemudian dilanjutkan dengan Apel penutupan Simulasi dan Uji S.O.P Kampung Siaga Bencana, dengan bertindak sebagai Pembina Upacara Yakni Pj. Bupati Subang.


Kemudian Pj. Bupati Subang mengukuhkan secara resmi pengurus dan anggota kampung siaga bencana Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang.


Dalam amanatnya, Pj. Bupati Subang mengungkapkan bahwa berkumpul bukan hanya sekedar untuk melakukan simulasi tetapi juga kita ingin menyamakan persepsi ingin menyamakan langkah ingin menyamakan tekad bahwa Kabupaten Subang mampu menjadi daerah Siaga Bencana.


Pj. Bupati Subang menyampaikan bahwa 

Kabupaten Subang merupakan salah satu wilayah yang kerap dan sangat rentan untuk terjadi bencana "oleh karena itu menjadi penting bagi kita semua stakeholder semua elemen dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Subang itu harus paham betul, harus ada sikap awalnya kesiapsiagaan itu terhadap begitu banyak kemungkinan untuk terjadi bencana Subang."


Pj. Bupati Subang meyakinin bahwa dikukuhkannya pengurus desa siaga bencana, secara teknis akan memudahkan kolaborasi dalam kerja kerja Kebencanaan

"saya yakin betul dengan kehadiran bapak dan ibu sekalian itu akan mampu berkontribusi untuk mengatasi bahkan untuk membantu ketika saat terjadinya bencana alam." Tegasnya.


Pj. Bupati mengucapakan apresiasi dan selamat untuk seluruh pengurus yang telah dikukuhkan menjadi sukarelawan sukarelawan yang luar biasa "saya ucapkan selamat bergabung dengan dengan berbagai organisasi yang peduli terkait dengan penanganan bencana mudah-mudahan kita dapat berkolaborasi dengan baik di masa yang akan datang" pungkasnya.


Agenda Dilanjutkan dan ditutup dengan Simulasi dan Uji S.O.P Kampung Siaga Bencana.


Turu hadir dalam agenda Tersebut Kadinsos Provinsi Jabar, Asda I Setda Subang, Ketua PMI Subang, Kalak BPPD Kab. Subang, Forkopimcam Ciasem, Forum Komunikasi Tagana Jabar dan Forum Komunikasi Tagana Subang, tokoh agama dan Pemuda Kec. Ciasem. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+