PENDIDIKAN

Pj Bupati Subang Hadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Serta Kesiapsiagaan Ketersediaan Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024

Heri Suprayogi
08 Maret 2024, Maret 08, 2024 WIB Last Updated 2024-03-08T13:43:49Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri agenda rapat koordinasi pengendalian inflasi serta kesiapsiagaan daerah dalam memenuhi kebutuhan pangan selama Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan & Idul Fitri 1445H/2024 yang bertempat di Ruang Rapat Bupati II. Jumat (08/3/2024).


Laporan Kepala BPS Kabupaten Subang, Muhammad Sholihin menyampaikan bahwa nilai inflasi Kabupaten Subang menurun, yakni 0,13% berdasarkan data inflasi month to month (periode februari 2024). “Semoga kabupaten subang terus menekan penurunan angka inflasi dengan kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait serta memonitoring perkembangan harga pangan agar stabil.” Ungkapnya.


Kepala DKUPP Kabupaten Subang, Yayat Sudrajat menyampaikan bahwa operasi pasar murah harus gencar dilaksanakan kembali agar masyarakat bisa membeli kebutuhan pangan murah, khususnya beras. “Kami bekerja sama dengan Bulog Subang yang mengeluarkan beras SPHP yang harganya terjangkau, agar mampu menjaga stabilitas harga beras di Kabupaten Subang.” Tuturnya.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Subang, R. Maman Firmansyah, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa beras yang didistribusikan oleh Bulog melalui operasi pangan murah harus di distribusikan pula penyebarannya ke retail-retail agar bisa lebih menjangkau masyarakat dan dimonitoring jalur distribusinya agar lancar dan aman.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Nenden Setiawati Melaporkan untuk Subang lahan panen padi pada periode bulan maret 2024 seluas 12.410 hektar yang siap panen untuk menjaga kestabilan stock pangan padi dalam rangka ramadhan dan idul fitri.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Subang, juga melaporkan untuk persediaan pasokan ayam broiler untuk masyarakat subang aman karena kita ini produsen ayam broiler

Serta persediaan untuk daging sapi untuk ramadhan sampai idul fitri yang siap potong ada 6.000 ekor sapi, untuk perhari 8 ekor sapi.


Pj Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.cd dalam arahannya menyampaikan bahwa seluruh stakeholder harus bersinergi dan kolaborasi dengan stakeholder untuk melakukan monitoring stock dan stabilitas harga pangan dalam rangka menjelang ramadhan dan idul fitri 1445H/2024. “Operasi pasar murah ini harus gencar di sosialisasikan kepada masyarakat, bahkan bila perlu melakukan operasi pasar murah ke tingkat desa agar bisa lebih banyak menjangkau ke seluruh pelosok desa.” Ungkap Dr. Imran.


Turut hadir dalam agenda tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Forkopimda Kabupaten Subang, Perwakilan Bulog, Para Kepala OPD, Ketua KADIN, Perwakilan Akademisi, Perwakilan Bank Subang, Perwakilan Bank BJB. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+