PENDIDIKAN

Koperasi Mitra Bahari Sinergi Salurkan BBM Solar Non Subsidi

Heri Suprayogi
08 Mei 2024, Mei 08, 2024 WIB Last Updated 2024-05-08T00:17:24Z
masukkan script iklan disini

 


TANJABTIM - BBM non subsidi yang di salurkan (KMBS) Koperasi Mitra Bahari Sinergi adalah solar legal dan resmi atau solar industri non subsidi untuk peruntukan nelayan dan masyarakat Kecamatan Nipah panjang dan sekitarnya. Kendati demikian solar industri yang disalurkan adalah harga yang terjangkau untuk masyarakat, dimana harga keekonomian yang ditetapkan oleh koperasi 9 ribu per liternya, tentu harga sangat terjangkau dengan daya beli dan prekonomian masyarakat saat ini. (7/05/2024).


Masyarakat dan nelayan Kecamatan  Nipah Panjang dan sekitarnya sangat membutuhkan BBM (Bahan Bakar Minyak) solar yang mana di Kecamatan Nipah Panjang belum ada tersedia SPBU maupun SPBN.


Adapun BBM Solar yang masuk ke koperasi Mitra Bahari Sinergi Kecamatan Nipah Panjang merupakan bentuk kerja sama yang telah dilakukan antara koperasi dengan perusahaan penyalur solar industri di Jambi dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi. Minyak yang dipasarkan dan disalurkan merupakan jenis Solar HSD (High Speed Diesel) atau solar murni dengan kualitas bagus dan cocok untuk kapal kapal nelayan maupun mobil angkutan Petani. Minyak yang dipasarkan Koperasi tentu minyak yang memiliki legalitas dokumen dan izin niaga umum, dengan demikian koperasi bebas memasarkan dan menyalurkan solarnya ke masyarakat luas, karena solar tersebut bukanlah solar subsidi melainkan solar non subsidi. 


Kalau tidak kita upayakan, siapa lagi yang dapat memikirkan nasib masyarakat dan nelayan ini? di Nipah Panjang belum tersedianya SPBU, dan ini menjadi masalah yang sangat krusial bagi nelayan. Sementara SPBU yg tersedia sangat jauh keberadaannya yaitu di kota Muara Sabak Barat, nelayan tentu tidak dibenarkan dan dibolehkan untuk membeli solar ke SPBU dengan Jerigen / gelen dengan kuantiti besar. Hal inilah yang menjadi problem dan dirasakan sulitnya bagi nelayan dan masyarakat Kecamatan Nipah Panjang dan sekitarnya untuk mendapatkan solar. Alhamdulillah dengan kehadiran koperasi konsumen Mitra Bahari Sinergi menjadi solusi alternatif untuk nelayan dan masyarakat Kecamatan Nipah Panjang. Ujar M. Dahlan.


Kebutuhan akan solar di Kecamatan Nipah Panjang sangatlah besar, padahal sangat layak nelayan itu mendapat BBM, seharusnya tokoh masyarakat, Instansi terkait, Pengamat sosial harus menyuarakan pembangunan SPBU di daerah Nipah Panjang ini, supaya warga yang umumnya hidup dari menangkap hasil dari laut dapat menghidupi Anak Istri,” dan tidak kesulitan lagi mendapatkan minyak solar. Ungkap Yudi salah seorang nelayan. 


Terkadang ransum / bekal makanan sudah di per siapkan dan keliling untuk mencari solar namun tidak dapat kalaupun dapat Harganya Mahal  dan tinggi, dengan harga 10 ribu sampe 12 ribu yg dijual oleh pengecer, itupun solar yang selama ini didapat kwalitas buruk dan Kurang layak, kalau menurut saya sebaiknya minyak - minyak solar yang ilegal tolong segera di tertibkan, karena sekarang di tempat kita sudah ada solar non subsidi dengan harga terjangkau. Kata Hb 32th seorang pekerja penampung hasil tangkapan nelayan


Kami akan berusaha untuk ready stok solar agar masyarakat Nipah Panjang dan Sekitarnya tidak kesulitan mencari BBM Solar tersebut. Kata pengurus Koperasi Mitra Bahari Sinergi. (Son)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+