PENDIDIKAN

Rakernas Apeksi Sepakat Mengikuti Arahan Presiden, Mendukung Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045

Heri Suprayogi
04 Juni 2024, Juni 04, 2024 WIB Last Updated 2024-06-04T12:49:44Z
masukkan script iklan disini

 


KOTA BOGOR - Secara resmi Presiden Republik Indonesia, Jokowi Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).


Mewakili Kota Bogor, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan forum yang baik untuk konsolidasi antar kota dalam mendapatkan hal-hal baru terkait kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Rakernas ini juga membuat kesempatan seluas-luasnya bagi kota untuk membangun networking atau jaringan baik antar kota maupun elemen dan stakeholder lainya sehingga bisa saling belajar dan bertukar pengalaman.


Hery berharap Apeksi memiliki positioning konseptual dan juga teknokratis yang baik dalam hal kebijakan perkotaan, sebab sebagai asosiasi, Apeksi bukanlah asosiasi politik namun lebih kepada konseptual sehingga bisa menyumbangkan ide gagasan dan konsep dalam kemajuan birokrasi dan pengembangan pembangunan.


"Dalam kegiatan ini juga ada arahan yang disampaikan oleh Pak Presiden, kemudian keynote speech dari kementerian, ada Menteri Dalam Negeri, Menteri Investasi, Kementerian Keuangan dan sebagainya. Jadi kita mendapat informasi terkait situasi, isu-isu terkini dan dinamika terbaru baik dalam negeri maupun kondisi global yang perlu jadi atensi dan disikapi bersama kota-kota di Indonesia," ujar Hery. 


Di lokasi yang sama, senada dengan Hery, Ketua Dewan Pengurus Apeksi sekaligus Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Apeksi sepakat bahwa setiap kota memiliki kelebihan masing-masing untuk diaplikasikan secara optimal untuk kepentingan kotanya masing masing dan kesejahteraan masyarakat.


"Sehingga Apeksi sepakat bahwa semua kelebihan kota akan kami jadikan satu dibawah naungan Apeksi sehingga nanti akan dilihat oleh perwakilan dari wali kota yang ada di Indonesia untuk disempurnakan menjadi satu kekuatan besar," ujarnya.


Selain itu Apeksi juga sepakat untuk mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mendukung Indonesia Maju Indonesia Emas 2045.


"Kami sepakat bahwa tidak ada lagi kota yang maju sendiri, tidak ada lagi kota yang tertinggal, buat kami satu kekuatan besar Apeksi ini bagaimana kami bisa bersinergi dengan kebijakan presiden dan kebijakan pemerintah pusat sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi warga di kota kita masing-masing," ujarnya.


Sebagai informasi, Rakernas XVII Apeksi tahun 2024 dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (Presiden RI) Joko Widodo dengan pemukulan lisung bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+