PENDIDIKAN

PKKMB Universitas Baturaja: Membangun Karakter Budaya Politik sebagai Pengantar Generasi Bangsa

Heri Suprayogi
31 Agustus 2022, Agustus 31, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T03:45:00Z
masukkan script iklan disini


OKU - "Membangun karakter budaya politik sebagai pengantar generasi bangsa". Panitia Universitas Baturaja melakukan kegiatan Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus kepada Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berjumlah mencapai 808 Mahasiswa/Mahasiswi, Selasa (30/8/2022).

Turut hadir Ketua DPRD DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Asisten 1, Sekda, perwakilan dari kodim 0403, dan perwakilan dari polres OKU. 

Dalam sambutannya Ketua DPRD OKU mengatakan,"saya himbau kepada mahasiswa agar tetap idealis, meskipun dalam prakteknya. Setelah selesai melaksanakan study akan dihadapkan dengan bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan keilmuan.

"Untuk itu mahasiswa di tuntut dapat memgembangkan aspek kepribadian dan kemandirian selama menempuh Kuliah. Artinya, mahasiswa dihadapkan pada sebuah pilihan dan tantangan. Dari ruang kampuslah anda mahasiswa di didik untuk menjadi orang yang baik diantara yang terbaik.

"Dan saya harapkan juga agar Mahasiswa/Mahasiswi agar belajar ilmu Politik, dan mestinya harus didukung dengan wawasan keilmuan yang lain seperti Sosiologi dan Antropologi Budaya sehingga dapat ditemukan karekter dalam berpolitik,"tutur Marjito Bachri dalam pidatonya. 

Lebih lanjut ketua DPRD OKU mengatakan,"Kita kenal dengan teori trias politika yang terbagi Ligislatif, Eksikutip dan Yudikatif

1. Kekuasaan Ligislatif adalah kekuasaan membuat undang-undang untuk di daerah kita kenal dengan DPRD untuk membuat Perda.

2. Kekuasaan Eksikutip adalah lekuasaan untuk mejalankan undang-undang atau peraturan daerah.

3. Kekuasan Yudikatif adalah kekuasaan untuk pelaksaan menjalankan undang-undang atau peraturan yang dinjalankan.

"Ketiga kekuasaan inilah yang bersenirgi bekarja membangun roda pemerintahan. Karekter budaya politik sangat dipengaruhi sosiologi dan anttopologi budaya setempat.

Biro: Toni Kurtis

Editor: Redaksi

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+