PENDIDIKAN

Kadisdikbud Agam Buka Kegiatan Workshop bagi Kepala SMP se-Kabupaten

Heri Suprayogi
25 September 2022, September 25, 2022 WIB Last Updated 2022-09-25T02:49:59Z
masukkan script iklan disini

 

Agam Sumbar - Kepala Disdikbud Agam Sumatera Barat, Drs. Isra, M.Pd membuka kegiatan Workshop bagi Kepala SMP se Kab Agam, yg dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Sept 2022 di SMPN 2 IV Koto.


Kegiatan ini tindak lanjut kerjasama Pemerintah Kabupaten Agam dengan Universitas Negeri Padang, (UNP) yang telah ditandatangani sejak Kepemimpinan Bupati Agam Dr. Andri Warman, MM.


Kegiatan kali ini digelar dalam bentuk Workshop tentang " Pelaksanaan pengawasan Kepala sekolah dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah".


Sambutannya Kepala Dinas menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada UNP yang telah membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Agam.


Kegiatan Workshop ini sangat tepat dan relevan sekali dilaksanakan karena sudah dua tahun lebih pembelajaran di sekolah tidak berjalan maksimal akibat wabah covid 19.


Untuk mengembalikan semangat dan motivasi belajar siswa sangat dibutuhkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah berjalan dengan baik. 


Peran Kepala Sekolah sangat besar dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling tersebut, Kepala sekolah selaku penanggung jawab seluruh penyelenggaraan pendidikan di sekolah memegang peranan strategis dalam mengembangkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.


Peran tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam bimbingan dan konseling, Mengkoordinir segenap kegiatan yang diprogramkan dan berlangsung di sekolah.


Menyediakan prasarana, tenaga, dan memudahkan bagi terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien.


Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program, penilaian dan upaya tidak lanjut pelayanan bimbingan dan konseling.


Mempertanggung jawabkan pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah, Memfasilitasi guru pembimbing/konselor untuk dapat mengembangkan kemampuan profesionalnya, melalui berbagai kegiatan pengembangan profesi.


Menyediakan fasilitas, kesempatan, dukungan dalam kegiatan kepengawasan yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah Bidang BK, kegiatan workshop ini diikuti oleh 66 Kepala SMP se Kabupaten Agam, terdiri atas Kepala 56 SMP Negeri dan 10 Kepala SMP Swasta.


Peserta antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 hari dengan materi teori dan praktek dan Materi teori disampaikan secara tatap muka di aula di SMPN 2 IV Koto. 


Setelah pembukaan dilanjutkan dengan materi umum, materi pokok dan materi penunjang dan adapun keseluruhan materi dirancang dalam struktur program sejumlah 32 JPL, meliputi materi umum tentang Kebijakan Dinas Disdikbud Agam dan materi pokok meliputi tentang layanan bimbingan dan konseling di sekolah. 


Narasumber kegiatan workshop berjumlah 4 orang guru besar dari UNP yaitu, Prof.Sufyarma Marsidin.M.Pd yang juga Tenaga Ahli Bupati Agam,Prof.Firman, MS.Kons, Prof.Dr. Neviyarni. S.S.M.Kons


Dr.Riska Ahmad M.Pd.Kons. Keempat orang narasumber merupakan para pakar dibidang pendidikan di Sumatera Barat. 


Kepala Dinas mengharapkan kepada seluruh kepala sekolah peserta workshop agar dapat memahami materi yang disampaikan para narasumber serta mengimplementasikan di sekolah masing-masing.


Kita harus menyadari berbagai tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan masih kita hadapi, khususnya dalam pemeblajaran. Semua itu akan dapat di atasi apabila pemangku kepentingan di bidang pendidikan dapat bekerjasama, mulai dari pusat sampai ke sekolah. Salah satu komponen yang sangat menentukaan itu adalah kepala sekolah.


Khusus masalah pembelajaran di sekolah, sangan berpengaruh adalah layanan bimbingan dan konseling oleh guru BK, sebab itu Kemampuan seorang kepala sekolah dalam pembinaan dan pengawasan terhadap guru BK sangat menentukan untuk mewujudkan pembelajaran yang berhasil dan bermakna bagi para siswa.

 

Jadi kepala sekolah harus memastikan semua siswa terlayani di sekolah sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. (Syafrianto Kabiro Agam)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+