PENDIDIKAN

Pesan Wabup Subang pada Upacara Hari Lahir Pancasila

Heri Suprayogi
05 Juni 2023, Juni 05, 2023 WIB Last Updated 2023-06-05T05:24:37Z
masukkan script iklan disini



SUBANG - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi bertindak sebagai pembina upacara pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang bertempat di halaman kantor Bupati Subang. Senin (5/06/2023).


Kang Akur sapaan Wakil Bupati Subang Agus Masykur dalam amanatnya menyampaikan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. 


Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. "berkat pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal ika." Tandasnya.


Kang Akur juga menjelaskan bahwa Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. 


Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.


"Peringatan hari lahir pancasila harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara." Ungkapnya.


Kang Akur juga menyampaikan perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.


"Pancasila menjadi pondasi yang kuat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berubah sesuai kebutuhan zaman." Tegasnya.


Kang Akur juga menambahkan bahwa setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai Pancasila. Sebagaimana yang dikatakan Bung Karno bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya.


"untuk itu, saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh masyarakat kabupaten Subang untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dan Subang Jawara (Jaya, Istimewa dan Sejahtera) yang kita cita-citakan." 


Menutup sambutannya, Kang Akur juga mengucapkan selamat Hari Lingkungan Hidup sedunia yang bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila menekankan dengan kekayaan alam yang kita punya, kita harus tetap menjaga seluruh unsur agar tetap berjalan dengan seimbang, menjadi daerah industrialisasi bukan berarti alam kita menjadi tidak berkualitas lagi. "Selamat hari lingkungan sedunia, mari kita bersama-sama menjaga alam ini dengan sebaik-baiknya."


Turut hadir mengikuti upacara tersebut yakni Sekretaris Daerah, para Asisten Daerah, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, para Kabag Lingkup Setda dan para ASN lingkup Pemkab Subang. (Dok/D.Jekiw)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+