PENDIDIKAN

Bupati dan Wabup Hadiri Silaturahmi Ulama Tanjungsiang, Tekankan Persatuan Kunci Pembangunan

Heri Suprayogi
02 November 2023, November 02, 2023 WIB Last Updated 2023-11-02T13:03:44Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Bupati Subang H. Ruhimat bersama Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang H. Agus Masykur Rosyadi hadir dalam Gelaran Silaturahmi Akbar Ulama dan Umara serta Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah Kecamatan Tanjungsiang, bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Tanjungsiang, Kamis (02/11/2023).


Edi Sudrajat S.Sos Sekretaris Kecamatan Tanjungsiang sekaligus Ketua Penyelenggara dalam laporannya menyatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah sebagai ajang silaturahmi sekaligus sebagai pengingat untuk terus menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan dalam menjalankan kehidupan. "Momen yamg sangat tepat untuk meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah."


Camat Tanjungsiang Agus Saepuloh SE.,Kp pada kesempatan tersebut merasa sangat bahagia dengan pelaksanaan silaturahmi akbar tersebut karena menurutnya ulama dan umara adalah poros utama terwujudnya Subang Jawara. "Dinararaga mewujudkan Subang Jawara dan Tanjungsiang Rindang. Ulama umara ngahiji teh kekuatan urang."


Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada Desa Cibuluh berupa kendaraan roda empat, Desa Tanjungsiang dan Desa Rancamanggung berupa kendaraan roda dua sebagai apresiasi kepada desa tersebut yang telah lunas PBB 100% sekaligus dilaksanakan pemberian bantuan berupa Paket Sembako bagi 100 orang KPM PKH daj bantuan alat bantu disabilitas bagi 10 orang penerima yang bersumber dari Baznas Subang dan Bank Subang yang diserahkan langsung oleh Kang Jimat-Akur didampingi pejabat yang hadir.


Usai penyerahan bantuan acara dilanjutlan dengan penandatangan deklarasi anti minuman keras, narkotika, dan obat-obatan terlarang di wilayah Kecamatan Tanjungsiang oleh Kang Jimat-Akur, Muspika Kecamatan Tanjungsiang, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tanjungsiang, tokoh agama dan masyarakat, serta seluruh ormas yang ada di Kecamatan Tanjungsiang.


Membuka sambutannya, Wakil Bupati Subang mewakili Bupati Subang menyatakan Kang Jimat telah menyiapkan dana untuk pembangunan gedung Kantor Kecamatan Tanjungsiang. "Gedung kantor Kecamatan Insyaallah Pak Bupati sudah menganggarkan 1 Milyar untuk Kecamatan Tanjungsiang."


Kang Akur juga mengungkapkan Kang Jimat selalu berpesan agar gotong royong selalu dilakukan demi mencapai karena menurut Kang Jimat cita-cita Subang Jawara tidak akan tercapai tanpa gotong royong. "Ayo bangun gotong royong di tengah masyarakat karena gotong royong adalah ciri sukses pembangunan. Makanya salam Subang diawali dengan gotong royong menuju Subang Jawara."


Pada kesempatan tersebut Kang Akur menyampaikan kepada jamaah yang hadir bahwa Jimat-Akur akan segera berakhir dalam memimpin Subang sehingga Kang Akur menghaturkan permohonan maaf karena banyak program yang tidak maksimal akibat adanya pandemi Covid-19 selama 3 tahun. "Menghitung hari 50 hari lagi Jimat-Akur selesai tepatnya di 19 Desember 2023. Mohon maaf banyak program yang tidak sesuai harapan karena Covid."


Namun Kang Akur menambahkan Jimat-Akur tidak berhenti berusaha di tengah pandemi sehingga hingga hari ini terdapat beberapa pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di Kabupaten Subang yang dananya bukan berasal dari APBD berkat kerja keras Kang Jimat melobi berbagai pihak, "Tetapi ikhtiar untuk membangun Subang tidak pernah berhenti. Banyak pembangunan yang dilakukan tanpa APBD berkat lobi yang dilakukan Pak Bupati kepada berbagai pihak agar bantuan turun untuk Kabupaten Subang. Insyaallah ada 4 jalan yang akan dibangun oleh Pemerintah Pusat."


Selanjutnya Kang Akur menjelaskan selama 5 tahun kepemimpinan Jimat-Akur Kabupaten Subang mendapatkan prestasi luar biasa dengan diraihnya WTP selama 5 kali berturut-turut. "Penghargaan bukan tujuan, yang penting bekerja. Gawe nu bener mun saur Bupati. Alhamdulillah salami 5 tahun Subang mendapat WTP 5 kali berturut-turut yang belum pernah diraih oleh Kabupaten Subang."


Selain membangun infrastruktur, Jimat-Akur juga berupaya meningkatkan SDM Kabupaten Subang agar mampu bersaing dan tidak hanya menjadi penonton salah satunya dengan mengangkat lebih dari 2000 tenaga pengajar demi meningkatnya kualitas generasi muda Subang. "Subang harus lebih maju maka Pak Bupati akhirnya bagaimana peningkatan SDM Subang dengan pengangkatan 2.606 tenaga guru menjadi P3K yang prosesnya gratis dalam rangka peningkatan kesejahteraan guru di Subang. Supaya rakyat Subang tidak hanya menjadi penonton."


Terkait kejadian yang baru saja menimpa masyarakat Subang, Kang Akur mengajak seluruh masyarakat untuk saling jaga dan meningatkan agar generasi penerus tidak rusak oleh menuman keras dan penyalahgunaan narkoba. "Kita tidak ingin masyarakat Subang menjadi korban oplosan. Ayo kita jaga anak-anak kita. Persoalan miras dan narkoba bukan hanya persoalan pemerintah dan polisi serta penegak hukum. Itu adalah tugas kita semua."


Terakhir Kang Akur kembali menekankan kemajuan hanya dapat diraih dengan persatuan dan gotong royong, seperti yang telah Jimat-Akur contohkan dalam memimpin Subang dengan harmonis. "Kasepna abdi kumaha kasepna Pak Bupati. Jimat-Akur simpul sauyunan. Beda apapun kita tetap bersaudara." Pungkas Kang Akur.



Acara ditutup dengan tausiyah yang diisi oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Subang H. Hidayat, S.Ag., M.Si yang berisi tentang keutamaan akhlak Nabi Muhammad SAW dan pentingnya gotong royong dalam pembangunan.


Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bapenda Subang, Muspika Kecamatan Tanjungsiang, tokoh masyarakat, dan seluruh jamaah silaturahmi akbar ulama umara Kecamatan Tanjungsiang. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+