PENDIDIKAN

Hadiri Puncak Peringatan HKN, Sekda Subang Tegaskan Transformasi Kesehatan Demi Pelayanan yang Lebih Baik

Heri Suprayogi
13 Desember 2023, Desember 13, 2023 WIB Last Updated 2023-12-12T23:24:48Z
masukkan script iklan disini

 


SUBANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni menghadiri acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang bertempat di Sawala Ageung Fave Hotel. Selasa (12/12/2023).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi mengungkapkan bahwa dirinya beserta jajaran memiliki target sasaran untuk masyarakat sehat, dimana target tersebut harus diatur sedemikian rupa dari hulu ke hilir. "Dapat bekerjasama dengan PKM agar mencapai target sasaran masyarakat Subang yang sehat."


Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan penyerahan "Donasi Membasuh Luka" yang merupakan bentuk kepedulian untuk Palestina, yang secara simbolis diserahkan oleh Kepada Dinas Kesehatan dr. Maxi kepada kabag Pengumpulan Baznas Subang, Yanto Sugianto, dengan nominal Rp. 72.100.000.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang mengawali sambutan menyampaikan selamat hari kesehatan nasional kepada semua tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam upaya kesehatan masyarakat.


Kang Asep Nuroni sapaan Sekda Subang mengungkapkan bahwa indonesia saat ini tengah mengalami periode bonus demografi, yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah Negara. Bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini, sebagai momentum Indonesia lolos dari middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia emas 2045.


Kang Asep Nuroni memaparkan, kendati banyak tantangan hari ini, namun manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, tema hari kesehatan nasional ke 59 tahun 2023 ini, yaitu "transformasi kesehatan untuk indonesia maju."


Kang Asep menyampaikan transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju. transformasi itu mencangkup layanan primer, layanan rujukan dari akses, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM (Sumber Daya Manusia) kesehatan dari tenaga kesehatan dan teknologi kesehatan.


Kang Asep menekankan bahwa pilar transformasi kesehatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memenuhi amanat Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945, “Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan.” Tegasnya.


Kang Asep berharap transformasi kesehatan saya percaya tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan tujuh sub bagian komunikasi pimpinan, bagian protokol dan komunikasi pimpinan, “Nilai-nilai dasar asn ber-akhlak wajib dihidupkan untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah dan profesional.” Pungkasnya.


Diakhir sambutannya, Kang Asep menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan indonesia.


Turut Hadir dalam agenda tersebut Direktur RSUD Subang, Unsur RS Hamori, Perwakilan PMC, perwakilan RS Lanud Suryadharma, Organisasi Profesi Sektor Kesehatan, Perwakilan Pimpinan Bank BJB, Kepala PKM Seluruh Subang dan tamu undangan lainnya. (***)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Politik

+